Beranda > Komputer's > FIREWIRE

FIREWIRE

ane mau share aje gan,,
ni Tugas kuliah ane dulu waktu semester 2, kuliah ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER disuruh ma dosen bikin Makalah..
tentang firewire,, cekidot gan…

1. Pendahuluan

Saat ini standar USB (universal serial bus) agaknya sudah dapat mengklaim kemenangan sebagai colokan baku buat komputer pribadi. Berbagai periferal dan aksesori komputer yang dulunya menggunakan colokan serial, paralel ataupun PS/2 saat ini sudah menghilang, digantikan oleh peranti yang terhubung ke komputer melalui port USB.

Saat ini sudah jamak menemukan printer, hard disk portabel, ponsel, PDA yang berkomunikasi dengan komputer melalui port USB.

Namun, sebenarnya USB bukan satu-satunya standar yang diusulkan buat koneksi dengan periferal komputer. Standar lain yang terkadang dapat dijumpai adalah FireWire, yang merupakan standar IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers) 1394.

Pada awalnya, FireWire merupakan jagoan yang cukup diunggulkan, karena standar ini memiliki kecepatan lebih tinggi daripada USB versi awal yang hanya 12 Mbps.

FireWire sendiri mampu mencapai 400 Mbps (FireWire 400) dan 800 Mbps (FireWire 800). Versi 2.0 USB mendongkrak laju transfer data teoretis menjadi 480 Mbps, tetapi ini tidak mengubah kelebihan mendasar FireWire yang lain. Dan pada praktiknya, peranti FireWire 400 sering lebih cepat dari USB 2.0, meskipun kecepatan teoretisnya lebih rendah.

Dibandingkan dengan USB yang bersifat asimetris (master/slave) FireWire tidak terlalu membebani kerja prosesor. Selain itu arus listrik yang dapat dihantarkan oleh kabel FireWire juga lebih besar daripada kabel USB, sehingga lebih cocok untuk periferal yang rakus mengonsumsi daya. Kabel FireWire juga dapat diulur lebih panjang daripada maksimum kabel USB.

Meskipun punya banyak keunggulan adopsi FireWire sebagai colokan baku untuk aksesori komputer pada kenyataannya tersendat-sendat. Salah satu penyebabnya adalah asosiasi yang mengatur standar IEEE 1394 ini menuntut lisensi yang lebih tinggi daripada standar USB. Karena itu, saat ini FireWire hanya ditemukan pada peranti yang benar-benar menuntut laju transfer data tinggi.

Keadaan ini tentu saja bisa berubah. Kebutuhan untuk laju transfer data yang lebih tinggi akan meningkat.

Asosiasi IEEE 1394 yang mengatur standar FireWire sudah mengumumkan versi standar baru yang dapat menghantarkan data sampai 3,2 Gbps. Antarmuka standar baru ini dirancang kompatibel dengan konektor FireWire 800 yang saat ini sudah beredar di pasaran.

Standar baru ini diharapkan akan disetujui dalam waktu dekat, tepatnya Februari 2008. Ini bisa jadi sedikit lebih cepat daripada versi terbaru standar pesaingnya, USB 3.0, yang direncanakan diratifikasi pada paruh awal 2008. Kita lihat saja apakah penerus FireWire ini akan tetap dapat mengungguli USB.

2. Pengertian Firewire

FireWire adalah adalah merek dagang Apple sekaligus nama yang paling populer untuk standar kabel data antar-muka berseri IEEE 1394. Sony memperkenalkan IEEE 1394 dengan nama i.Link. Meski namanya berbeda-beda, ketiganya (FireWire, IEEE 1394 dan i.Link) sama-sama menunjuk pada jenis kabel data yang mampu mengirim data dengan kecepatan sangat cepat, sampai pada rata-rata 400 megabit per detik (Mbps). FireWire diklaim sebagai saluran penghantar data yang paling cepat dan stabil diantara saluran lain seperti USB.

Perkembangan FireWire

3.

Generasi baru FireWire lahir dengan munculnya FireWire 800 (IEEE 1394b) yang Apple perkenalkan tahun 2003. FireWire 800 ini memiliki kecepatan dua kali lipat dari IEEE 1394 pendahulunya (disebut IEEE 1934a atau FireWire 400), dan mampu menghantar kan data sampai pada kecepatan rata-rata 800 Mbps. Selain bertambah cepat, IEEE 1394b juga mampu digunakan dengan jarak yang lebih jauh dibandingkan pendahulunya. Sebuah kabel FireWire 800 dapat menyediakan panjangan kabel antara komputer-dengan-alat maupun alat-dengan-alat sampai maksimal sejauh 100 meter, sedangkan optical repeater FireWire 800 bahkan bisa menyambungkan sejauh 1000 meter. Tetapi walau bagaimanapun, kecepatan dan jarak yang bisa diupayakan tetap tergantung pada jenis kabel yang digunakan.

 

FireWire telah digunakan sebagai salah satu standar koneksi antar-muka antara alat audio-visual digital dengan komputer, seperti kamera digital maupun kamera video digital. Produk-produk yang menggunakan teknologi FireWire biasanya menyediakan proses yang membutuhkan kecepatan koneksi tinggi. Contohnya misalnya dalam pemakaian hard drive eksternal, printer dan scanner, webcam (untuk video-conferencing), pembakar DVD eksternal, transfer film dari kamera video digital kedalam hard drive komputer, sampai ke rekaman suara melalui kartu suara eksternal berbasis FireWire. Semuanya tanpa harus mengalami penurunan kinerja atau hang.

Hampir semua produk komputer dan Laptop keluaran terbaru, sekarang telah dilengkapi fasilitas port FireWire built-in’. kamera video digital kontemporer juga menggunakan FireWire sebagai salah satu standar alat input-outputnya sejak tahun 1995.

4. Cara Bekerja

Ada dua tingkatan dalam interface IEEE 1394, satu untuk backplane bis di komputer lain dan untuk point-to-point interface antara perangkat komputer dan pada kabel serial. Sederhana jembatan yang menghubungkan dua lingkungan. Bis yang backplane mendukung 12,5, 25, atau 50 megabits per detik data. Kabel antarmuka mendukung 100, 200, atau 400 megabits per detik. Setiap antarmuka dapat menangani apapun yang mungkin data tarif dan perubahan dari satu ke yang lainnya sesuai kebutuhan.

Serial bus yang berfungsi sebagai perangkat yang walaupun dalam slot di dalam komputer umum berbagi ruang memori. 64-bit alamat perangkat memungkinkan banyak fleksibilitas dalam mengkonfigurasi perangkat dan pohon rantai dari satu socket.

IEEE 1394 memberikan dua jenis transfer data: asynchronous dan isochronous. Synchronous untuk memuat tradisional dan toko di mana aplikasi transfer data dapat dimulai dan aplikasi terputus sebagai suatu panjang data tiba dalam buffer. Isochronous transfer data menjamin bahwa data di alur yang telah ditetapkan menilai sehingga dapat menangani aplikasi dalam waktu jalan. Untuk aplikasi multimedia, jenis ini transfer data akan mengurangi kebutuhan akan penyangga dan membantu memastikan sebuah presentasi untuk pemirsa.

1394 standar yang mengharuskan perangkat akan di 4,5 meter dari bis socket. Hingga 16 perangkat dapat terhubung dalam satu rantai, dengan masing-masing 4,5 meter maksimum (sebelum sinyal attenuation mulai terjadi), sehingga secara teori anda dapat memiliki perangkat karena jauh sebagai 72 meter dari komputer.

Lain pendekatan baru untuk menghubungkan perangkat, Universal Serial Bus (USB), memberikan yang sama “hot plug” kemampuan sebagai standar 1394. Ada yang lebih murah tapi teknologi transfer data terbatas sampai 12 Mbps (juta bit per detik). Interface Sistem Komputer Kecil menawarkan transfer data tingkat tinggi (hingga 40 megabyte per detik) tetapi membutuhkan alamat preassignment dan perangkat terminator pada perangkat terakhir dalam rantai. FireWire dapat bekerja dengan komputer terbaru internal bis standar, Peripheral Komponen interkoneksi (PCI), tetapi kecepatan transfer data yang lebih tinggi mungkin memerlukan pertimbangan khusus desain untuk meminimalkan diinginkan penyangga untuk transfer rate mismatches.

  1. Fungsi_Firewire
    Sangat penting mengetahui bahwa fungsi Firewire lebih dari sekadar transfer data, terlebih Firewire mempunyai akses langsung untuk direct Memory Access (DMA). Juga patut diperhatikan bahwa teknik skrip yang telah dijelaskan di atas juga dapat digunakan pada operating system lain, termasuk Mac OS X dan Linux, bahkan beberapa hacker mampu memodifikasi iPod untuk menjalankan penyerangan Firewire DMA.
  2. Keunggulan dan Kelemahan
  • Kecepatan pertukaran datanya sangat tinggi dan bersifat real-time
  • Bersifat “colok-dan-pakai” (plug-and-play). Artinya, sistem operasi muktahir (seperti misalnya Windows XP) akan langsung mendeteksi alat berbasis FireWire yang tersambung dan langsung siap diberdayakan / digunakan.
  • Dalam kinerjanya, FireWire tidak melibatkan memori prosesor komputer sehingga sifatnya jadi stabil dan tidak mudah hang.
  • Kabel penyambungnya bisa dilepas-copot tanpa harus mematikan alat ataupun mengganggu kinerja komputer inang (hot swapping).
  • Mampu menyambung dan mengenali sampai 63 alat berbasis FireWire secara serentak,tanpa mengganggu kinerja satu-sama lain.
  • Dapat digunakan bahkan tanpa harus tersambung pada komputer –sebagai mediator- sekalipun, misalnya ketika menggunakan scanner dan printer (peer-to-peer).
  • Kabelnya bisa membawa energi listrik sampai 45 watt hingga bisa meringkas penggunaan kabel.
  • Menangkap gambar dari camcorder dengan sempurna serta
  • Salurannya bebas suara bising (noise-free), sehingga dipakai sebagai saalh satu standar alat studio rekaman modern.

Namun kelemahan IEEE 1394 adalah implementasi bus ini tidak sepoluler USB karena membutuhkan CPU yang berkemampuan tinggi dan cepat.

 

  1. FireWire 800 Vs. USB 2.0

Keduanya kini muncul sebagai saluran pertukaran data termuktahir. Namun, ternyata ada banyak keunggulan yang dimiliki FireWire 800 dibanding USB 2.0

  • FireWire 800 memiliki kecepatan sampai pada 800 Mbps, USB 2.0 hanya 480 mbps
  • FireWire tidak menggunakan memori prosesor dan bekerja secara independen, USB 2.0 menggunakan memori prosessor (karenanya, FireWire bekerja lebih stabil dan sulit untuk hang).
  • FireWire bisa digunakan tanpa harus disambung dengan komputer sekalipun (peer-to peer), USB 2.0 hanya bisa bekerja bila disambung dengan komputer (hot based)
  • FireWire dapat menyambungkan Jarak yang jauh lebih panjang dari apa yang USB 2.0 mampu fasilitasi

Di masa depan, FireWire diharapkan mampu mencapai kecepatan sampai 3.2 gigabit per detik (Gbps).

KESIMPULAN

Bus FireWire memiliki beberapa keuntungan :

  • Dalam kinerjanya, FireWire tidak melibatkan memori prosesor computer sehingga sifatnya jadi stabil dan tidak mudah hang.
  • Kabel penyambungnya bisa dilepas-copot tanpa harus mematikan alat ataupun mengganggu kinerja komputer inang (hot swapping).
  • Mampu menyambung dan mengenali sampai 63 alat berbasis FireWire secara serentak,tanpa mengganggu kinerja satu-sama lain.
  • Jauh lebih baik dari USB

 

nah,,, itu dia gan,,
jadi berhubung itu tugas semester 2, dan sekarang ane udah udzur (kata kampus), jadi mungkin ada persi terbarunya,,
monggo dicari sendiri,,,

Iklan
Kategori:Komputer's Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: